Pages

2012/12/27

Ternyata Tuhan Sudah Tahu dan Sudah Atur

Hari ini saya baru menyadari maksud baik Tuhan atas apa yang saya alami kurang dari 3 bulan yang lalu. Sederhana memang, tapi seandainya saja Tuhan tidak melakukannya pada waktu itu, saya akan mendapat masalah yang tidak sederhana.

Saya bekerja di sebuah perusahaan swasta. Agar dapat melakukan pekerjaan saya, saya menggunakan sebuah aplikasi yang harus di update setiap 3 bulan sekali. Sebelumnya saya menggunakan ID dari bos saya yang telah resign 4 bulan yang lalu. Sebulan setelah dia resign saya harus mengupdate aplikasi tersebut karena hampir expire. Namun ternyata, IDnya telah nonaktif.

Awalnya saya berusaha untuk mengupdate menggunakan ID tersebut, namun tetap tidak bisa. Ternyata saya harus request ulang aplikasi tersebut. Namun sayang sudah terlambat, saya tidak bisa mengajukan approval, aplikasinya sudah tidak aktif lag karena sudah jatuh tempoi. Beruntung saya dibantu oleh seorang staff. Beliau membantu mengajukan approval. Akhirnya aplikasi tersebut bisa saya gunakan kembali sekalipun telat 11 hari. Menjelang itu saya dibantu oleh teman kantor untuk mendapatkan data ataupun informasi yang ada, berhubung karena aplikasi saya belum aktif. Saya benar-benar tertolong. Ya, Tuhan menyediakan mereka menjadi penolong saya.

Tapi entah kenapa timbul rasa kurang puas di diri saya. "Seandainya saja waktu itu saya cepat mengupdate, seandainya saja informasi yang saya dapat mengenai expire date lebih cepat, mungkin ini tidak terkadi". Bahkan orang yang menolong mengajukan approval tersebut berpesan setelah aplikasinya aktif, "Ntar jangan sampai telat lagi ya update-nya" Huufft...saya merasa bersalah sekali, kenapa saya bisa lalai seperti itu.

Namun sekarang saya mengerti apa maksud dari semua itu. Ternyata Tuhan campur tangan dalam kejadian waktu itu. Beberapa hari yang lalu, kantor kami libur Natal. 26 Desember 2012 kami bekerja kembali seperti biasa. Ternyata ada email masuk yang memberitahukan bahwa aplikasi tersebut harus segera di-upadate. Harusnya saya segera mengupdate saat email itu masuk namun karena libur saya belum melaksanakannya. Baru tanggal 26 Desember saya mengupdatenya. Padahal hari ini adalah hari terakhir bekerja sebelum liburan akhir tahun. Proses update baisanya butuh waktu seminggu bahkan lebih. Normalnya expire date tanggal 31 Desember 2012, namun karena saya telat update 3 bulan yang lalu, jadi expire date saya mundur jadi 11 Januari 2013.

Inilah yang saya mengerti akan campur tangan Tuhan yang luar biasa. Seandainya saja saya tidak telat waktu itu, maka expire date aplikasi tersebut tanggal 31 Desember 2012. Jelas saya tidak bisa mengikuti proses selanjutnya karena saya sudah libur dan akan kembali bekerja tanggal 2 Januari 2013. Oh no, itu sudah terlambat sekali.

Saya tidak katakan bahwa Tuhan membenarkan sebuah kelalaian. Tapi kadang Tuhan mengizinkan sesuatu hal yang awalnya terlihat buruk, untuk sebuah maksud yang baik. Ya seperti kejadian ini. Ternyata Tuhan sudah tahu dan sudah atur waktunya dengan sangat tepat. Saya benar-benar bersyukur karena Tuhan mengiringi kehidupan saya sedetil-detilnya.

Banyak hal lain yang bisa saja kita alami seperti kejadian ini. Jangan buru-buru meragukan kebaikan Tuhan. Selama kita percaya akan kebaikanNya dan menyerahkan sepenuhnya kehidupan kita pada penyertaanNya, kita pasti mendapatkan yang terbaik dariNya.

***Tuhan sudah mengerti lebih dulu apa yang kita butuhkan, dan hebatnya Tuhan sudah atur lebih dulu untuk kita***

No comments:

Post a Comment